Rabu, 25 November 2015

MENGENDALIKAN DIRI



Hidup ini menyenangkan atau tidak bukan ditentukan oleh kondisi di sekitar. Kita sendiri lah, bagaimana cara kita menghadapi hidup, itu yang menentukan hidup ini akan indah atau begitu melelahkan hingga titik tanpa harapan. Kemampuan mengendalikan diri adalah salah satu karakter, sekaligus juga keterampilan hidup, yang sangat bermanfaat.



Ketika kita mengendalikan diri, kita bukan sedang membatasi diri secara pasif. Justru secara aktif kita mengatur hidup. Hidup ini harus memiliki tujuan yang lebih besar daripada sekedar memuaskan keinginan diri sendiri. Dengan mengendalikan diri, kita sebenarnya sedang menundukkan keinginan kita yang egois agar bisa mencapai tujuan yang jauh lebih besar dan berarti.



Pengendalian diri adalah kebalikan dari pemuasan diri. Tentu tak salah bila kita melakukan hal yang menyenangkan diri. Ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan yang akan membuat diri kita puas. Misalnya mencapai nilai maksimal di pelajaran yang selama ini jadi momok setiap siswa atau mencetak gol terbanyak dalam pertandingan antarkelas. Namun ketika hidup kita hanya terfokus pada diri sendiri, kita akan menjadi egois, sangat mudah terbawa suasana dan akhirnya kehilangan kendali diri. Agar dapat mengendalikan diri dengan baik kita perlu memberi perhatian pada orang lain. Kita akan terhindar dari keinginan untuk terus-menerus memuaskan diri sendiri dan terhindar dari kehilangan kendali diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar